nasi pecel kawi malang

Membahas Kota Malang tidak akan ada habisnya. Selain keindahan alamnya, dinginnya suasana, dan banyaknya tempat wisata yang ada juga ada berbagai macam kuliner yang sangat menarik hati. Pasalnya, bukan hanya makanan berat seperti nasi atau sup atau mie. Dari jajanan biasa, hingga jajanan yang unik pun diciptakan di kota malang ini. Seperti sempol contohnya. Makanan yang berasal dari Kota Malang ini kini telah meraja lela. Tidak hanya satu atau dua penjual, hampir semua orang berjualan sempol. Dan yang paling penting, sempol kini telah dijual di kota manapun. Meskipun rasa dan bahannya tidak se nikmat sempol asli malang, sempol ini sangat sedap dan juga asli bahannya. Tidak seperti sempol yang dijual di kota kota lain. Sempol adalah contoh makanan ringan yang khas dari malang. Tetapi, ada juga makanan berat yang hanya ada di Kota Malang saja. Apa itu? Anda semua tentu penasaran, namun ini adalah makanan yang sudah umum tetapi bumbu dan rasanya sangat khas Kota Malang. Pecel Kawi.

pecel kawi malangPecel kawi, adalah salah satu dari sekian banyak pecel yang berbumbu khas dari Kota Malang.  Pecel memang menjadi salah satu menu favorite yang ada di Kota Malang atau kota manapun. Makanan yang satu ini sangatlah cocok digunakan atau dimakan di pagi hari, sebagai penambah energy sebelum melakukan aktifitas. Pecel sendiri merupakan hidangan yang terdiri dari bermacam macam bahan. Yaitu terdiri dari nasi putih, sayur sayuran, lauk pauk, dan disiram dengan bumbu kacang yang lezat serta dihidangkan bersama dengan rempeyek yang gurih dan renyah. Pecel akan terasa lebih nikmat ditambah dengan kriuknya rempeyek. Salah satu jenis pecel yang tidak kalah lezatnya ini adalah pecel khas Kota Malang, pecel kawi. Pecel kawi memiliki cita rasa yang berbeda dan lebih lezat dengan pecel lainnya. Konon pecel kawi  telah terkenal sejak tahun 1979 silam dan hingga sekarang namanya masih sangat dikenal. Bukan hanya namanya, kelezatan rasanya pun masih menjadi sorotan saat berkuliner di kota malang.

Kepopuleran pecel kawi ini bukan tanpa alasan. Ada rasa nikmat, lezat, dan rasa khas yang tidak dapat dirasakan di makanan pecel manapun. Hanya pecel kawi inilah yang akan menyuguhkan rasa nikmat memakan makanan bak desa. Pecel kawi memang sama seperti pecel pecel lainnya. Yaitu perpaduan dari  nasi putih, bumbu kacang, lauk pauk, rempeyek, sayur sayuran. Namun di setiap bahannya memiliki ciri khas masing-masing.

Nasi putih, hampir sama seperti nasi putih pada umumya tetapi nasi ini memiliki rasa gurih yang meskipun tanpa lauk enak dimakan

Bumbu kcang, rasa bumbu ini tidak sama dengan lainnya. Bumbu kacang di pecel kawi ini rasanya sangat gurih dan lebih kental. Jadi itu akan bercampur aduk dengan nasi dan menjadi kenikmatan yang sesungguhnya.

Lauk pauk, lauk nasi pecel kawi ini hanya telur dadar dan tahu tempe saja. Namun meskipun begitu, rasa dadar yang disuguhkan tidak seperti dadar lainnya. Juga terkadang ada lauk ayam.

Rempeyek, seperti rempeyek pada umumnya. Namun rempeyek yang digunakan di pecel kawi ini adalah rempeyek dengan isi gerago dan lebih keriuk. Juga memiliki rasa gurih campur pedas. Sehingga akan menambah kenikmatan pecek Khas Kota Malang ini.

Sayur sayuran, biasanya yang digunakan di pecel adalah sayur hijau dan kecambah. Namun di pecel kawi ini menggunakan daun kol ditambah dengan sayuran hijau lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *