Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba. Selain dikenal denga kota religi, Palembang sangat terkenal dengan makanan khasnya yang sangat terkenal di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan tak sedikit pula makanan khas Palembang tyang dijual di berbagai daerah di Indonesia, seperti pempek.

Mungkin kebanyakan orang sudah tidak asing lagi makanan khas Palembang yang satu ini. Namun, tidak hanya pempek saja makanan khas Palembang yang sangat popular dan banyak diminati oleh banyak orang ini. Lalu apa saja makanan khas Palembang yang banyak diminati oleh kebanyakan orang. Daripada penasaran, langsung saja simak apa saja makanan khas Palembang yang wajib dicoba di bawah ini.

Makanan khas Palembang yang wajib anda coba adalah pempek. Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Palembang yang satu ini. Makanan yang terbuat dari ikan yang dihaluskan dan digiling yang ditambahkan dengan sagu. Cara penyajiannya adalah disajikan dengan kuah kental atau yang biasa dikenal dengan cuko dan ditambahkan dengan kuah kaldu bumbu dari rempah-rempah.

Pempek ini juga banyak memiliki berbagai jenis seperti pempek selam, pempek lenjer, pempek keriting, dan lain sebagainya. Pempek juga banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia. Namun untuk rasanya sendiri berbeda-beda. Tidak senikmat pempek buatan Palembang asli. Makanan khas Palembang yang kedua adalah tekwan. Bahan dari tekwan, hampir sama seperti bahan yang digunakan untuk membuat pempek.

Hanya saja bedanya adalah tekwan berbentuk bulat kecil seperti aci bandung atau bakso yang banyak anda kenal di daerah anda. Untuk cara penyajianya, tekwan disiram kuah kaldu udang yang ditambah dengan potongan seledri dan bawang goreng ataupun taburan jamur kuping. makanan khas Palembang yang ke tiga adalah pindang patin.

Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba

Kita tahu bahwa padang merupakan makanan khas dari Palembang yang sangat terkenal yang banyak dimakan oleh kebanyakan orang. Namun ada ciri khas yang membuat makanan ini banyak digemari oleh kebanyakan masyarakat khususnya masyarakat Palembang, yakni diberi saus pedas yang ditambagkan dengan berbagai bumbu rempah-rempah.

Untuk cara menyantapnya sendiri pindang ini ditambahkan sambal tempoyak atau sambal manga untuk menambah kenikmatan dari pindang patin ini. Terlebih lagi jika dimakan dengan nasi hangat, bisa dibayangkan betapa nikmatnya makan dengan pindang patin ini.

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah mie celor. mie celor merupakan mie yang diberikan kuah santan yang begitu kental. Tidak hanya itu, kuah tersebut juga dicampur dengan menggunakan berbagai sayuran yakni tauge atau kecambah.

Kuah yang dihasilkan dalam mie celor merupakan kuah yang kental yang sangat gurih yang dapat menambah kenikmatan anda dalam menikmati makanan khas Palembang. Selain itu, makanan khas Palembang yang harus anda coba adalah martabak har.

Martabak har adalah merupakan matabak biasa yang dibalut degan telur, namun perbedaan martabak biasa dengan martabak har khas Palembang adalah martabak ini memilki kuah kari yang memiliki aroma rempah yang sangat kuat yang dicampur degan kentang dan daging. Nama dari martabak HAR sendiri adalah diambil dari nama pemiliknya yang bernama Haji Abdul Rojak yang sangat terkenal di Palembang.

Inilah sedikit ulasan mengenai berbagai makanan khas yang ada di Palembang yang harus anda coba. Sebenarnya masih banyak makanan khas Palembang yang tidak bisa dijelaskan satu per satu seperti tempoyak, lenggang, kue maksuba, kue delapan jam, yang merupakan makanan khas Palembang yang sangat lezat dan pastinya banyak dimnati oleh kebanyakan orang. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda. jangan lupa untuk pergi mencari makanan yang sudah diulas di atas jika anda pergi berkunjung ke Palembang.

 

BACA JUGA: Tempat Wisata Kuliner Malam Yang Enak Dan Murah

One thought on “Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *